10 Kiat Lancar Bersalin
Bagi sebagian calon ibu, proses bersalin bisa menakutkan. Cerita ‘seram’ seputar sakit dan lamanya persalinan kerap membuat calon ibu ngeri.  Padahal kengerian itu bisa dikurangi. Coba kiat-kiat berikut untuk memperlancarkan proses persalinan.   
  1. Aktif bergerak. Aktif bergerak akan memicu  janin terdorong masuk ke jalan lahir dengan posisi tepat atau optimal fetal positioning (OFP). Posisi yang tepat ini adalah posisi wajah janin menghadap ke arah bokong saat kepalanya sudah berada di jalan lahir. Dengan kepala janin yang berdiameter rata-rata 9,5 cm masuk ke dalam jalan lahir yang berdiameter sekitar 11,5 cm secara benar, proses persalinan akan menjadi mudah, lancar, dan cepat.
  2. Kenali kehamilan Anda. Banyak riset yang membuktikan semakin luas pengetahuan dan wawasan ibu hamil tentang kondisi kehamilannya serta seluk-beluk tahapan proses persalinan yang akan dijalaninya, rasa takutnya menjadi makin berkurang. Kondisi tenang si ibu akan membuat otot-otot tubuh, dan panggul menjadi kendur dan makin efektif berkontraksi pada saat mendorong janin ke luar dari jalan lahir.
  3. Ciptakan rasa nyaman. Akrabkan diri dengan lingkungan rumah sakit  untuk mengurangi rasa cemas atau takut. Cobalah jalan perlahan-lahan di sekitar lingkungan rumah sakit. Perasaan nyaman akan mencegah produksi hormon adrenalin yang biasanya dikeluarkan tubuh saat ketakutan atau tegang. Bila tubuh menghasilkan hormon adrenalin, otot-otot tubuh akan tegang. Begitu juga otot-otot sepanjang jalan lahir, sehingga menyulitkan janin Anda untuk ke luar serta membuat proses persalinan jadi menyakitkan.  
  4. Ingatlah teknik pernapasan yang sudah dipelajari. Atur napas dan bernapas dengan sadar akan membuat lebih tenang dalam menjalani persalinan. Mampu bernapas dalam akan makin banyak oksigen yang dapat dihirup dan dialirkan ke seluruh sel tubuh, termasuk sel otot-otot rahim sehingga mampu berkontraksi dan mendorong janin ke luar dari jalan lahir. Anda  pun menjadi makin rileks dan tenang. Otot-otot tubuh juga akan ikut mengendur sehingga rasa sakit selama proses persalinan  akan berkurang.
  5. Seringlah berjalan. Dengan berjalan, berdiri, atau duduk tegak,  gravitasi bumi akan menarik ke bawah kepala janin yang sudah berada di jalan lahir sehingga makin mendekati mulut rahim. Kepala janin akan menekan mulut rahim sehingga proses pembukaan akan dimulai secara bertahap. 
  6. Nikmati pijatan. Pijatan suami di punggung dan seluruh daerah panggul akan membuat Anda merasa nyaman, secara emosi lebih tenang dan siap hadapi persalinan. Pijatan dan sentuhan hasilkan rangsang rasa nyaman yang mencapai otak lebih cepat dibandingkan rangsang rasa sakit. Rangsang berupa rasa nyaman ini akan menutup ‘gerbang’ rangsang rasa sakit untuk mencapai otak. Hasilnya rasa nyaman akan mengalahkan rasa sakit sehingga Anda hanya akan mengalami  sedikit saja rasa sakit.
  7. Alihkan rasa sakit.  Misalnya dengan film atau sepotong adegan dari film favorit  bisa untuk mengalihkan perhatian dan pikiran Anda, terutama di saat sudah mulai terjadi kontraksi. Coba putar lagu-lagu yang membantu menenangkan pikiran atau coba  memraktekkan teknik hypnobirthing yang pernah dipelajari selama hamil.
  8. Jadikan tim dokter sahabat. Kenal dekat dengan para dokter serta tim perawat yang membantu sejak sebelum melahirkan akan memberikan rasa lebih tenang saat menjalani proses persalinan. Hal ini juga akan memupuk kepercayaan Anda kepada mereka. Selanjutnya akan menumbuhkan rasa aman dan tenang di saat  menjalani proses persalinan nanti.
  9. Hirup aromaterapi. Lavender bisa jadi pilihan untuk membantu mengurangi rasa sakit, rileks, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Minyak esensial dari aroma terapi mengandung senyawa terpena yang berkasiat mengurangi rasa sakit. Ketenangan  akan membuat ototo-otot Anda mengendur sehingga proses bersalin pun menjadi lebih mudah dan lancar.
  10. Siapkan camilan. Proses persalinan butuh banyak tenaga. Sebelum menjalaninya konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Bila tenaga Anda cukup, proses bersalinpun akan mudah. (me)


Baca Juga :